8/22/2008

Yuk! Sediakan 2 Tempat Sampah di rumah kita

Masalah persampahan itu tak menjadi masalah Pemerintah saja,namun juga masalah kita semua. Kita harus menanggulangi sampah rumah tangga dengan memilah jenis sampah yang akan kita buang.

Sampah terdiri dari 2 jenis,sampah basah dan sampah kering,sampah basah biasanya dapat didaur ulang menjadi pupuk kompos sedangkan sampah kering dapat didaur ulang menjadi berbagai macam peralatan plastik.

Sebagai solusinya,kita harus menyediakan 2 tempat sampah sekaligus yaitu tempat sampah kering dan tempat sampah basah.
Berikut beberapa tips yang disarankan sebagai standar kesehatan:

1. Pisahkan sampah kering hasil industri atau anorganik dengan sampah basah alami atau organik dalam wadah plastik. Maksud pemisahan ini karena sampah organik akan membusuk kurang dari 24 jam tanpa aerasi yang baik dan jika digabung dengan sampah anorganik,akan mencemari bahan yang seharusnya bisa didaur ulang sendiri maupun oleh pihak lain.

2. Tempat sampah harus terhindar dari sinar matahari langsung,hujan,angin,dan lainnya.

3. Tempatkan tempat sampah dengan jarak beberapa cm dari lantai guna menghindari jangkauan binatang atau serangga seperti kecoa,lalat,belatung,tikus,kucing,semut,dan lain-lain.

4. Buang sampah dalam kemasan plastik atau fiber yang tertutup rapat agar tidak mudah berserakan dan mengeluarkan bau yang tidak sedap,juga memudahkan dalam pengambilan sampah. Untuk menghindari pemulung mengacak-acak sampah yang sudah terpilah rapi,pisahkan antara sampah organik seperti sisa makanan,sayuran,dan bahan alami lainnya,dengan sampah anorganik seperti :plastik,kaca,logam,yang dibutuhkan pemulung.

5. Agar selalu aman dari gangguan,tempat sampah harus ditutup,mamun tetap harus mudah dijangkau untuk kepentingan upaya menjaga kebersihan maupun upaya daur ulang sampah melalui pengomposan.

Nah, itu beberapa hal yang harus dilakukan agar lingkungan kita menjadi bersih. Terbatasnya informasi dan pemahaman masyarakat akan perbedaan sampah organik dan anorganik ,maka sebaiknya tempat sampah harus disertai dengan keterangan daftar nama dan gambar sampah organik dan anorganik yang akan memudahkan pengguna,termasuk anak-anak yang bisa belajar membedakan keduag jenis sampah tersebut.

Oleh: Budiqof@yahoo.co.id

0 komentar:

Followers

Komentar terbaru

Mengenai Saya

Foto saya
purworejo, jawa tengah, Indonesia
bukan siapa -siapa hanya manusia sederhana

  © Blogger template Ramadhan Al-Mubarak by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP